English | Indonesia
   
 

Wangi SoKlin Softergent Bikin Ibu Cheerful & Creative

SoKlin adakan Workshop Creative untuk Ibu Modern

Peran seorang ibu amat sentral dalam sebuah keluarga. Ibu yang bahagia dan mampu menjalani kehidupan dengan kegembiraan dapat menularkan energi positif kepada anggota keluarganya, terutama anak-anak dan suami. Hubungan yang harmonis antara orangtua dan anak, juga akan membantu anak untuk juga tumbuh menjadi pribadi yang resilien. Namun, untuk menjadi ibu yang bahagia dan tanpa beban semakin sulit di era kekinian. Terdapat fenomena yang amat berbeda antara peran ibu beberapa tahun lalu dengan wanita modern masa kini. Melihat fenomena ini, SoKlin Softergent mengadakan diskusi media dan workshop kreatif bertema “Cheerful & Creative Mums” di Nanny’s Pavillon Central Park, Jakarta Barat - Rabu (22/3/2017).

Dari sisi ekonomi, terlihat dari banyaknya wanita yang bekerja baik sebagai tuntutan ekonomi maupun sebagai wujud aktualisasi diri. Sedangkan sisi psikologis, terdapat perubahan tuntutan dari waktu ke waktu yang dapat meningkatkan potensi stress, baik pada wanita bekerja maupun pada ibu rumah tangga. Menurut Pengamat Psikologi Sosial & Budaya serta Peneliti Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Dr. Endang Mariani Rahayu, M.Si, penelitian menyebutkan, tingkat stress warga di kota-kota besar, terutama kaum ibu, terus meningkat setiap tahunnya. 

Dari hasil survey, hampir setengah dari seluruh wanita (49%) yang disurvei mengatakan stres mereka telah meningkat selama lima tahun terakhir, dibandingkan dengan empat dari sepuluh (39%) pria. Ibu-ibu di daerah yang juga sama saja, mereka menderita stress, tetapi dengan bentuk lain, terutama dipicu masalah ekonomi dan sifat konsumtif. 

Urusan domestik rumah tangga, tuntutan anak di sekolah, kehidupan sosial, jalanan macet hingga masalah di kantor, menjadi beberapa penyebab para supermom ini mengalami stress. "Stres yang tidak terkelola dan tertangani dengan baik akan menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental,” katanya dalam acara diskusi media tersebut.

Kenyataan pahit ini, lanjut dia, tentu akan membuat perasaan hingga mood ibu makin rusak serta tak terkontrol. Padahal, seorang ibu menjadi ujung tombak di waktu pagi untuk keluarga dalam menularkan energi positif agar anak dan suami merasa gembira dan bahagia dalam memulai hari. “Bekal yang harus disiapkan bagi keluarga di pagi hari itu bukan hanya berupa makanan atau snack, tetapi juga energi positif yang dipancarkan dari perasaan bahagia seorang ibu,” tutur Endang. 

Bahkan, lebih parah lagi, terang Endang, ibu akan menderita depresi akibat beratnya tekanan hidup. Berdasarkan survei yang dirilis tahun 2014 dan tahun 2016, berdasarkan hasil studi tahun 2012 yang dilakukan WHO di Indonesia, kasus bunuh diri adalah 3,71 per 100.000 penduduk. Rata-rata regional 17,1 per 100.000 penduduk. Artinya, dibandingkan dengan negara-negara Asia lain, prevalensi bunuh diri di Indonesia lebih rendah. 

Namun dengan 258 juta penduduk, berarti ada 10.000 bunuh diri di Indonesia tiap tahun atau satu orang per jam. Untuk mengatasi hal ini, Endang mengutarakan, diperlukan upaya dan intervensi khusus agar mood ibu tetap stabil dan bisa membangkitkan perasaan senang anggota keluarga. Terlebih di era digital dimana banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjadi kreatif dan menularkan kebahagiaan para kaum hawa ini. 

Untuk itu, dalam upaya membangkitkan rasa percaya diri para ibu, melahirkan mood yang baik dan memicu kreativitas para ibu, Wings Group melalui produk unggulannya, SoKlim Softergent, meluncurkan varian baru SoKlin Softergent Cheerful Red yang mengandung aroma sensory.

 “So Klin menyadari adanya perubahan dalam tuntutan wanita jaman sekarang. Melalui riset, kami selalu berusaha melakukan inovasi produk sesuai needs & wants wanita Indonesia yang semakin harus multitasking. So Klin Softergent, deterjen + softener mampu membersihkan dan melembutkan dalam satu langkah mudah. Kami menambahkan fresh protection formula (anti bacteria) sehingga pakaian tidak bau apek meskipun dijemur di dalam ruangan. SoKlin Softrgent juga tidak panas di tangan,” ujar Joanna Elizabeth Samuel, Senior Product Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group).

Sensasi aroma yang segar, lembut, dan harum dari SoKlin Softergent Cheerful Red yang diramu sedemikian rupa mampu membangkitkan mood para ibu sehingga memberikan efek posistif tersendiri. Aroma yang khas ini pun diharapkan mampu membuat para ibu rileks dan mengurangi tingkat stress yang dialami sepanjang hari. “Dan sebagai jawaban atas “kebosanan” rutinitas ibu dalam mencuci pakaian, kami berikan teknologi “aroma sensory” yang mampu mengubah suasana hati. Varian baru dari SoKlin Softergent yaitu Cheerful Red dari aroma buah dan bunga mampu mengubah suasana hati anda menjadi lebih happy dan ceria,” lanjut Joanna.

Hal ini teruji secara klinis dan ilmiah. Diungkapkan oleh Jessmin Leong, Business Development Director Givaudan Fragrance House yang ditemui di acara ini, indera penciuman berkaitan erat dengan emosi dan pengolahan memori daerah otak. Wewangian mengaktifkan emosi dan daerah memori lebih cepat dan langsung dibandingkan dengan rangsangan sensorik lainnya. “Di kala kita mencium wewangin, seketika sensorik dalam tubuh menghubungkannya kepada memori, emosi, dan mengasosiasikannya pada sebuah obyek, tempat, kata-kata, atau orang tertentu,” terang Jessmin. Sebagai produsen wewangian, sebuah fragrance house tahu bagaimana menciptakan wewangian yang menciptakan suasana hati tertentu.

Penelitian juga membuktikan kalau mencium wewangian juga bisa menimbulkan kebahagiaan. Seseorang yang bahagia dan memiliki cara pandang positif akan memperoleh pencapaian dan keberhasilan yang luar biasa, baik dalam dunia pekerjaan maupun dalam hidup dan tentu saja menjadi lebih kreatif.

Secara umum, wanita cenderung memilih kegiatan seperti membaca, mendengarkan musik dan menonton televisi untuk mengelola stres mereka atas perilaku sehat seperti melihat seorang profesional kesehatan mental atau berolahraga. Rasa percaya diri dan penghargaan terhadap diri sendiri, yang dibangun, misalnya dengan menyalurkan kebutuhan untuk mengaktualisasi eksistensi diri melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dapat membantu meningkatkan resiliensi ketika harus berada pada situasi yang menekan.

Indy Barends, Brand Ambassador SoKlin, yang hadir pada acara ini menceritakan pengalamannya menjadi seorang ibu sekaligus sebagai public figure di dunia hiburan. “Pagi-pagi sebelum anak berangkat ke sekolah, saya pasti membantunya untuk bersiap dan menyiapkan bekal. Setelah itu saya pergi untuk siaran radio pagi hari dan dilanjutkan dengan kegiatan lainnya. Ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan sebagai wanita aktif di luar rumah membantu saya dalam menciptakan sebuah keluarga yang bahagia,” ujar Indy.

Jaman sekarang ibu-ibu bisa mengunggah kegiatan dan hasil kreativitasnya di media sosial. Selain memicu kebahagiaan, juga bisa jadi inspirasi bagi wanita-wanita yang lain yang melihatnya. “Selain itu, mencium aroma wewangian yang menenangkan dan tahan lama juga bisa membangkitkan mood lho! Kita bisa jadi pribadi yang cheerful dan kreatif serta menularkan menularkan energi positif tersebut ke orang-orang di sekeliling kita. Lihat, seperti saya yang selalu happy kan!” candanya menutup acara hari ini.